SAYANG GINJAL

Rabu, 09 April 2008

Hidup dengan Satu Ginjal

Oleh Rakhmat Bernadi. AR

Ginjal, pengetahuan kita diajak mengingat kembali fungsinya menyaring darah dan membuang zat/material yang berbahaya. Ketakutan ginjal rusak atau katakanlah menjelang tak berfungsi bisa kita kurangi dan hilangkan dengan gaya hidup sehat dibarengi minum air secukupnya. Namun tak terlepas dari hal itu, satu bagian yang masih membayangi perkembangan dunia kesehatan Indonesia mengenai ginjal, yaitu bagaimana memasyarakatkan donor ginjal.

”Pada prinsipnya kami menyampaikan sosialisasi mengenai donor ginjal itu tak menakutkan dan dapat menjadi memasyarakat. Selain mengenal apa itu cangkok ginjal/transplantasi ginjal, bagi pasien (resipien ginjal) dia memiliki ginjal baru sedangkan pada donor ginjal yang perlu disosialisasikan adalah hidup dengan satu organ ginjal tetap normal dan hal biasa”, ungkap Dr. Indrawati Sukadis selaku Ketua Simposium Pelayanan Ginjal Terpadu yang diadakan RS PGI Cikini saat ulang tahun ke-106 beberapa waktu lalu.

Hidup dengan satu ginjal sepertinya memang menyeramkan bila kita membayangkan organ itu hilang. Bukan karena rusak atau terjadi penurunan fungsi, tetapi karena didonorkan. Tentu timbul pertanyaan, bisahkan nantinya hidup tetap seperti sedia kala, atau sebaliknya?
”Tidak perlu khawatir. Karena dengan satu ginjal kita bisa hidup sehat, berkualitas dan tetap produktif”, tambah Indrawati Sukadis kembali.

Menurut dokter yang menjabat sebagai Koordinator Transplantasi Ginjal di PGI Cikini itu, dari kedua fungsi ginjal, hanya satu ginjal yang berkerja sepenuhnya. Sedangkan pasangannya, sejumlah 75 % sebagai cadangan. ” Ibarat sampai kita berumur 80 tahun, cuma satu ginjal yang berfungsi. Jadi tak masalah hidup dengan satu ginjal dan tidak berarti kerja ginjal menjadi dua kali lebih berat. Asal kita semua membarengi dengan pola hidup sehat”, paparnya.
Indrawati mengharapkan persepsi salah yang beredar mengenai kerja ginjal di atas dapat ditanggulagi melalui kinerja yang proaktif para dokter. Jadi bisa dibayangkan, berapa ratus ginjal yang tidak dioptimalkan di Indonesia, salah satu contoh kasus ya mengenai minimnya donor ginjal di negeri ini.

Jual-beli Ginjal

Ahli hukum kedokteran RSCM, dr. Herkutanto, SH, menjelaskan bahwa transplantasi organ termasuk cangkok ginjal telah diatur dalam pasal 34 Undang-Undang Kesehatan No 23/1993.
”Transplantasi jaringan tubuh hanya boleh dilakukan tenaga-tenaga kesehatan yang memang berkompeten dan juga memiliki syarat persetujuan dari donor maupun ahli waris”, ungkap Herkutanto menjelaskan isi pasal tersebut. Dari uraian itu jelas sudah garis hukum Indonesia melarang keras transplantasi organ tanpa sebab. Namun Herkuntanto mengakui mengenai transplantasi donor ginjal jenazah belum memiliki dasar maupun ketentuan yang kuat antara pemerintah dan instansi kesehatan. ” Pada umumnya, donor ginjal dari jenazah sudah tak terpakai lagi dan juga tidak dilakukan di Indonesia. Sedangkan donor dari sang terpidana mati”, mesti memiliki asas kesukarelaan, tambahnya kemudian.

Mengenai jual-beli ginjal pun, prinsip itu tak berlaku di RS PGI Cikini yang menerapkannya sejak tahun 1977. Menurut Indra Sukadis, selain aturan agama dari sisi etika kedokteran jelas hal itu melanggar sumpah. Namun sayangnya, asas jual-beli organ ginjal itu hingga kini tidak memiliki aturan hitam di atas putih. Pelanggaran Undang-Undang Kesehatan hanya menjabarkan kesalahan pihak-pihak yang melakukan transplantasi tanpa keahlian memadai, itu pun diganjar dengan hukuman penjara tujuh tahun pada pasal 81 UU Kesehatan.

Bertolak belakang dengan di negeri kita, China malah menjadikan organ ginjal tersebut sebagai devisa negaranya. Pasalnya, negeri berasaskan komunis itu membuka seluas-luasnya kepada penduduknya untuk menjual ginjalnya. Bahkan bagi pendonor ada reward yang diberikan pemerintah, seperti pemberian pekerjaan hingga asuransi kesehatan.
Pengalaman tersebut diungkapkan Dr. Herman, yang merupakan anggota Paguyuban Cangkok Ginjal, saat mencangkok ginjalnya di tahun 2001. Menurutnya, selain kemudahan pembelian ginjal, penerima pun mengetahui identitas pendonornya. ”Namun, kita hanya boleh mengetahui berapa usianya, alamat dan penyebab kenapa ia meninggal, itu saja”, ungkap Herman yang ahli di Bidang Hemodialisis (cuci darah) tersebut.

Ginjal Mayat

Semua manusia memiliki ginjal, namun tidak semua dapat menyumbangkan ginjalnya setelah dirinya wafat. Lalu kapan sebenarnya orang yang meninggal itu dapat diambil ginjalnya? Dr. Indrawati Sukadis mengatakan saat manusia meninggal dan dikatakan mati batang otak.
Sedangkan Neurologis RSCM, Dr. Jofizal Jannis menambahkan bahwa mati batang otak itu adalah fungsi otak sudah tak berguna lagi. Dijelaskan Jofizal, penentuan mati batang otak itu ada beberapa kriteria, yaitu pertama melalui pengetesan terhadap reaksi efek pupil bila diberikan cahaya. Kedua, tes dengan istilah reflek mata boneka, yaitu memutar-mutar kepala. ” Kalau bola mata bergerak itu normal, dan sebaliknya tetap berhenti bila ada kematian batang otak. Dan terakhir mengetes kornea mata, apabila disentuh tapi tidak menutup itu berarti kena batang otak juga”, urai Jofizal.

Rasa nyeri juga tak terasa pada orang yang batang otaknya mati. Tetapi pada manusia yang kesadarannya turun hebat tentu rasa nyeri itu masih terasa. Pasalnya, kematian batang otak akan mengarah pada kematian. Sedangkan kematian itu sendiri diuji dengan alat EEG. Pada alat ini, akan terlihat gelombang datar. Selain EEG, alat TCD juga dapat mengukur kematian batang otak dengan tak adanya aliran darah pada penunjukan alat.

Penulis adalah wartawan khas bidang kesehatan.
Copyright © Sinar Harapan 2003

19 komentar:

triagusananto mengatakan...

Jika seseorang bisa hidup normal dengan satu ginjal, maka tidak ada salahnya saya mendonorkan salah satu ginjal saya bagi yang membutuhkan.

Saya pria 39th, bapak dari 2 anak sehat jasmani rohani.

Jika ada yang membuthkan, saya bisa dihubungi di 085234648040

Salam
Ananta

donor ginjal mengatakan...

saya anak muda berusia 19 tahun.hidup sendiri dengan biaya yang pas2an.
saya ingin mendonorkan ginjal saya. siapa tahu yg membutuhkan memberi saya rejeki untuk bisa hidup mandiri.
bagi anda yang membutuhkan gnjal, silahkan hub saya di
0813 222 55 078
Terima kasih.

OCA mengatakan...

Asskum,

Sy bersedia donorkan ginjal tanpa imbalan. Sy 0, 24 thn, sehat. Calon recipient harus beragama islam dan berjanji mendedikasikan hidupnya untuk islam.

wasskum

nizva mengatakan...

aya wanita umur 21 th,,,,saya sudah ditinggal kedua orang tua saya sudah lama,,, dan sekarang saya sedang kuliah,,,,saya msh punya 2 adik,,saya sedang menghadapi masalah ekonomi,,kemudian saya berniat untuk mendonorkan ginjal demi kelangsungan hidup keluarga saya,,,

silahkan anda menghubungi saya di 085737331788

KRISTIKA D C mengatakan...

hai, aku remaja umur 17tahun tahun 2011 aku 18tahun, aku mau jual 1 ginjal ku buat yang membutuhkan, aku butuh uang untuk mama papaku, hubungi aku yaa kalo ada yang berminat 08568693631/081310277577
biasanya aku pake nomor yang 08568693631

M.riya09@gmail.com mengatakan...

Nama saya mhdi umur 35 tahun ,sekarang ini saya butuh uang tuk bayar utang ortu dan tuk berobat ortu saya berniat mendonorkan ginjal saya dengan imbalan uang ya kurang lebih 327 juta .kalau ada yang minat hubungi no tlp berikut:085720384701

yovie mengatakan...

Teman saya berniat berbagi dgn sesama dgn menjadi pendonor ginjal bagi siapa saja yg membutuhkan, silahkan hubungi saya di 024 70029053

Hady mengatakan...

saya seorang anak muda berusia 19 tahun..saya ingin menjual salah satu ginjal saya untuk membayar utang keluarga saya agar kami tidak di injak-injak orang disekitar kami hanya karna keluarga ku banyak utang... saya ingin menjual ginjal saya dengan harga 500jt.. jika ada yang menginginkan membeli ginjal saya.. krimkan saja pesan ada lewat SMS ke no 085242104571

Idoy Ontohod mengatakan...

Assalamu'alaikum
Saya pria 44th, Gol darah AB.
Berniat mendonorkan ginjal karena kebutuhan untuk usaha saya yang hampir bangkrut (perlu bantuan donor uang)
Bagi Anda yang mau dibantu ginjal saya atau mau membantu usaha saya, bisa hubungi di 082117004379

Wassalam
Hamba Allah

irvan.saja mengatakan...

hallo saya irvan umur 34 tahun gol darah B saya muslim bagi yang membutuhkan ginjal saya silahkan hub saya di 082128288317 atau 022 70944238

ielcaro mengatakan...

saya seorang pria, umur 36 thn, mau menjual 1 ginjal saya tuk membiayai kebutuhan keluarga saya. 085270111110

Danang mengatakan...

Bagi yg membutuhkan donor ginjal, sy bersedia mendonor dgn kompensasi. Perlu dana utk kebutuhan mendesak. Pria 31th, Islam, darah A+, sehat, cukup aktif mendonorkan darah. Hub: 0878.321.322.99

amma istara mengatakan...

mungkin akan lebih berguna jika kita bisa berbagi..kl tuhan mengizinkan..z brsedia mendonorkan ginjal sy kpada orng yg membutuhkan...
z wanita brusia 20 thun golongn drah "O"
untk info lbh lngkp hubungi z di 085242343211

hane_hane mengatakan...

jika tanpa 1 ginjal saya masih bisa hidup
saya riko hafidz virgiawan masih lajang 20thn siap untuk menjual salah satu ginjal saya
bagi yang berminat sms ke no ini
081809699416
keperluan mendesak untuk keluarga
(jika mau menelepon sms dulu soalnya hp keadaan dialihkan0
terimakasih

sri ningsih mengatakan...

Gol darah O, usia 31 Th, laki – laki, kompensasi nego. Riwayat kesehatan belum pernah dirawat di RS, tidak punya penyakit yang serius, no drugs & no alcohol. Untuk yang butuh ginjal Hub. 021-33773885

Awim Tarjo mengatakan...

saya bersedia mendonorkan 1 ginjal saya, saya seorang pria usia 36 thn dengan 2 putri kesayangan, sehat no alkohol rutin olahraga, saat ini saya sedang terbelit hutang, saya hampir putus asa, saya butuh dana lumayan banyak supaya perokonomian keluarga saya jadi normal kembali.
jika ada yang berminat bisa hubungi saya di 081315152933.
Wassalam

lia tupa mengatakan...

perempuan 22 thun golongan darah O,butuh ginjal saya hubungi no 087766823699

Yudi Kurniawan mengatakan...

Saya pria 32 tahun, gol darah A, berniat donor ginjal. u/ hal lain bisa dibicarakan secara pribadi. hubungi saya di 0818720049.

salam.

Yudi Kurniawan mengatakan...

Saya pria 32 tahun, gol darah A, berniat donor ginjal. u/ hal lain bisa dibicarakan secara pribadi. hubungi saya di 0818720049, atau email yudikurnia1@gmail.com

salam.